Senin, 20 Februari 2012

CLUTCH SYSTEM


Kopling / clutch berfungsi untuk menyalurkan dan memutuskan tenaga mesin ke transmisi (Proseneling).
Kopling terdiri dari beberapa komponen.
1.Disc clutch / Kampas kopling.
2.Cover clutch / Matahari / Dekruf.
3.Releas bearing / Dek laher.
4.Pilot bearing.
5.sift fork / Garpu penekan.
6.Master kopling.
7.Cylinder slave / master kopling bawah.
Kondisi kopling yang tidak bagus akan menyebebkan tenaga putar mesin tidak dapat di salurkan secara maksimal dan susah saat melakukan perpindahan gigi transmisi.
Ada dua cara pengoperasian kopling.
1.Menggunakan kabel atau tali kopling yang di hubungkan dari pedal kopling dengan garpu penekan.
2.Menggunakan fluida / minyak kopling.
Sistem ini yang banyak di gunakan pada saat ini karna gaya penekanan lebih ringan dan lebih halus di bandingkan dengan yang masih menggunakan tali kopling.
Masalah-masalah yang akan terjadi jika:
1.Master kopling bocor.
Dengan adanya kebocoran pada master kopling / sistem hidrolik dapat menyebabkan habisnya minyak kopling sehingga sistem hidrolik kopling tidak berfungsi dan kopling juga menjadi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya,hal ini sama jika terjadi kabel kopling putus pada sistem kopling yang menggunakan kabel kopling sebagai sistem penggerak koplingnya.
.Disc clutch aus berlebihan / tipis.
Disc clutch yang di bawah ketebalan standar yang di ijinkan akan menyebabkan tenaga mesin tidak dapat di salurkan secara maksimal dan juga susah saat melakukan perpindahan gigi proseneling.
.Cover clutct lemah.
Cover clutch yang lemah (tidak bagus) akan menyebabkan tenaga mesin tidak dapat di salurkan secara maksimal,susah saat perpindahan gigi transmisi.
.Releas bearing.
Releas bearing yang tidak bagus (Rusak) akan menyebabkan bunyi saat mesin hidup dan bunyi akan hilang saat pedal kopling di tekan sehinga mengurangi kenyamanan pengendaraan.
.Pilot bearing.
Pilot bearing yang rusak (Macet) akan menyebabkan perpindahan gigi transmisi sulit dilakukan karna tenaga mesin ke transmisi tidak dapat di putus,Sama halnya jika kopling lengket sehingga sistem kopling tidak dapat berfungsi seperti seharusnya.
PART NUMBER:
MASTER CYLINDER CLUTCH:I8-97201 006-0 =Rp1.200.000.
CYLINDER SLAVE:I8-97039 438-0 =Rp295.000.
REPAIR KIT MASTER CYLINDER CLUTCH:I5-87831 659-0 =Rp108.000.
REPAIR KIT CYLINDER SLAVE:I5-87831 081-0 =Rp75.000.
COVER CLUTCH:I8-94435 011-A =Rp395.000.
DISC CLUTCH:I8-97562 183-A =Rp430.000.
RELEAS BEARING:I8-97209 197-0 =Rp500.000.
PILOT BEARING:I9-00090 679-A =Rp47.000.
Harga diatas berdasarkan pembelian terahir / saat di tulis di blog ini.
Semoga tulisan ini dapat membantu dan menambah pengetahuan pembaca.

1 komentar:

  1. Terima kasih atas pencerahanya gan, Ane mau tanya kebetulan Ane pakai panther grand royal tahun 97, yang menjadi pertanyaan saya, adalah?...pada saat pindah gigi dari 2 ke 3 terdengar bunyi kreek..dan gigi susah masuk, begitu juga pindah dari gigi 4 ke 3, terdengar kreek dan gigi juga susah masuk, kira kira kerusakanya ada dimana? mohon pencerahanya...makasih...mohon dijawab gan..ditunggu..

    BalasHapus