Sabtu, 03 Maret 2012

BRAKE





Brake / rem adalah mekanisme yang sangat fital untuk keamanan dalam berkendara.
Seperti yang kita tahu banyak kecelakaan yang terjadi karna pengendara kurang memperhatikan kinerja rem, apakah rem berfungsi dengan baik atau tidak atau malah kadang tidak memperdulikanya sama sekali dengan berbagai macam alasan yang dianggapnya benar padahal keselamatanya sedang dipertaruhkan.
Ada baiknya melakukan pengujian rem dengan menginjak pedal rem / menarik tuas rem (untuk rem parkir) sebelum menjalankan kendaraan.
Jika dirasakan kerja rem tidak berfungsi dengan baik,segeralah melakukan perbaikan pada sistem rem.
Banyak pilihan untuk memperbaiki sistem rem dan biasanya setiap produsen kendaraan mempunyai bengkel resmi, kelebihan bengkel resmi adalah peralatan yang komplit dan tenaga kerja yang handal dalam menangani setiap masalah yang terjadi pada produknya, atau ke bengkel umum yang mampu memperbaikinya tentu saja harga yang di tawarkan biasanya lebih murah bila di bandingkan dengan bengkel resmi, dan atau bisa juga diperbaiki sendiri.
Untuk belajar memperbaiki rem sebenarnya tidak terlalu sulit asal mau memperhatikan saat memperbaiki rem di bengkel untuk yang pertamakalinya, perlengkapan perbaikanlah yang jadi kendala karna dalam toolkit bawaan kurang memadai untuk perbaikan rem.
Sekilas tentang rem:
-Rem berfungsi untuk memperlambat dan atau menghentikan kendaraan.
-Rem tromol terdiri dari:
a.Tromol /Brake drum: Tromol dipasangkan bersama as roda dan berputar bersama.
b.Brake shoe/ Sepatu rem: Brake shoe ditekan terhadap bagian dalam tromol untuk menghasilkan pengereman (pada rem tromol menggunakan sepasang sepatu rem).
-Rem cakram terdiri dari:
a.Rotor disc / cakram yang dipasangkan pada hub dan berbutar bersama dengan roda.
b.Brake pade / kampas rem: kampas rem berfungsi untuk menjepit rotor disc, pada rem cakram menggunakan sepasang kampas rem untuk menjepit cakram yang berputar bersama roda.
-Rem parkir:
Rem parkir berfungsi untuk mencegah kendaraan bergerak saat dalam kondisi terpakir terlebih lagi jika kondisi jalanya tidak datar.
-Exhause brake / rem gas buang:
Rem gas buang dipasang pada knalpot kendaraan dan berfungsi untuk mengurangi tenaga mesin dengan menutup saluran gas buang sistem rem ini di gunakan pada kendaraan sekelas TRUCK / BUS.
Ada beberapa jenis yang di bedakan berdasarkan sistem yang di gunakanya.
1.REM MEKANIS.
Rem mekanis dalam pengoperasian rem masih menggunakan kabel / tali baja.
2.REM HIDROLIS.
Rem hidrolis tidak lagi menggunakan tali baja untuk pengoperasian mekanisme rem tapi menggunakan minyak rem.
Rem hidrolis terdiri dari beberapa komponen sebagai media untuk mengalirkan minyak rem.
-BRAKE BOSTER:
Brake boster berfungsi untuk mengurangi tenaga yang di perlukan saat pengereman.
-MASTER CYLINDER:
Master rem berfungsi untuk mengirim minyak yang telah pompa
(saat pedal / tuas rem di tekan) menuju mekanisme rem pada roda-roda melalui pipa-pipa dan selang-selang.
3.AIR BRAKE / REM ANGIN:
Rem angin memanfaatkan udara bertekanan yang di hasilkan oleh kompresor untuk memperoleh tenaga pengereman yang lebih kuat dengan sedikit tenaga yang di berikan,rem angin masih di dukung oleh sistem hidrolis sebagai sistem pengoperasian rem.Karena membutuhkan sistem tambahan seperti kompresor jenis rem ini di gunakan oleh kendaraan TRUCK/BUS.
4.FULL AIR BRAKE:
Sistem rem ini menggunakan udara bertekanan yang dihasilkan oleh kompresor untuk mengoperasikan rem dan tidak lagi menggunakan sistem hidrolis, jenis rem ini digunakan oleh kendaraan Truck dan sekelasnya.
5.REM ELECTRONIK.
Sistem rem ini sering dijumpai pada kendaraan mewah,pada dasarnya rem electronik hanya menambahkan sistem electronik untuk menghasilkan efek pengeremen yang lebih nyaman dan aman di bandingkan rem yang tidak menggunakan sistem canggih ini.
PART NUMBER:
BRAKE PADE:I8-97956 925-A =Rp295.000.
BRAKE SHOE:I8-97147 565-A =Rp215.000.
REPAIR KIT CALYPER:I8-94461 250-0 =Rp170.000.
REPAIR KIT CYLINDER WHEEL:I5-87830 083-0 =Rp95.000.
PISTON CALYPER:I8-94438 689-0 =Rp150.000.
BRAKE MASTER ASY:I8-94313 438-2 =Rp1.250.000.
REPAIR KIT BRAKE MASTER:I8-97071 803-0 =Rp380.000.
VACUM BOSSTER:I8-97180 555-1 =Rp2.800.000.
ROTOR DISC:I8-97956 670-A =Rp330.000.
Harga diatas berdasarkan pembelian terahir/saat di tulis.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar