Blog ini saya buat untuk berbagi informasi tentang perbengkelan kususnya mobil isuzu panther sesuai apa yang saya lakukan di tempat saya bekerja,semoga dapat menambah pengetahuan para pembaca.
Minggu, 19 Februari 2012
ENGINE TUNE-UP
Sebelum kita memulai pekerjaan tune-up alangkah baiknya kita pahami apa yang akan kita kerjakan.
TUNE-UP adalah mengembalikan kinerja mesin seperti baru (standard pabrikan).
Maka dari itu ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memenuhi kriteria-kriteria tersebut.
TUNE-UP biasanya disarankan oleh produsen kendaraan untuk dilakukan secara berkala pada setiap kelipatan 10.000KM,20.000KM,30.000KM,40.000KM..dst.
1.Ganti oli / pelumas mesin.
Untuk mendapatkan kondisi mesin yang optimal maka penggantian oli perlu dilakukan dan gunakan oli sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan atau yang lebih baik.
2.Ganti saringan oli / oil filter.
Filter oli perlu di ganti dikarenakan setelah mesin bekerja menenpuh jarak dan waktu yang cukup lama akan menimbulkan endapan pada filter oli yang dapat menyebabkan sirkulasi pelumasan tidak lancar, jika ini terjadi bisa membuat kinerja mesin terganggu dan terjadi kerusakan yang serius pada mesin.
3.Bersihkan water sendimenter.
Water sendimenter adalah alat untuk memisahkan bahan bakar dengan air.
4.Ganti saringan bahan bakar.
Saringan bahan bakar berhubungan dengan kelancaran suplai bahan bakar sehinnga perlu dilakukan penggantian untuk mendapatkan suplai bahan bakar yang bersih dan lancar.
5.Bersihkan /ganti saringan udara.
Saringan udara yang kotor akan menggangu kinerja mesin jadi perlu di bersihkan atau penggantian agar udara bersih yang di butuhkan mesin dapat terpenuhi.
6.Periksa / setel celah katup.
Pada celah katup perlu dilakukan pemeriksaan agar dapat diketahui apakah masih sesuai standar atau tidak,jika tidak sesuai maka perlu dilakukan penyetelan pada celah katup.Celah katup yang terlalu lebar akan menyebabkan bunyi dan mesin kurang bertenaga,jika terlalu sempit maka saat pembukaan dan penutupan katup tidak sempurna dan mesin menjadi kurang bertenaga.
7.Periksa kondisi air pendingin mesin (RADIATOR).
Air pendingin berfungsi untuk menjaga kondisi suhu kerja mesin,oleh karena itu pemeriksaan air pendingin perlu dilakukan.Lebih baik lagi pemeriksaan air pendingin dilakukan setiap akan menngunakan kendaraan,jika kurang cukup di tambah dengan air yang bersih.
8.Periksa kapasitas minyak rem
Jika kurang cukup di tambah dengan minyak rem dan usahakan gunakan minyak rem yang sama.
9.Periksa minyak/tali kopling.
Jika kurang cukup di tambah dengan minyak kopling (biasanya sama dengan minyak rem).
10.Periksa oli power steering.
Jika kurang cukup di tambah dengan oli power steering yang sama.
11.Perksa air accu.
Jika kurang cukup di tambah dengan air aki biasa (bukan air accu sure).
12.Periksa air pembersih kaca.
Jika kurang cukup di tambah dengan air biasa.
13.Periksa lampu-lampu.
Jika ada lampu yang mati lebih baik di perbaiki.
PART NUMBER:
AIR CLEANER/FILTER UDARA:I8-94334 906-0 =Rp85.000.
FUEL FILTER/SARINGAN BAHAN BAKAR:I2-13240 023-0 =Rp36.000.
OIL FILTER/SARINGAN OLI:I8-97957 675-A =Rp40.000. DAN I8-97309 927-A =Rp41.000. untuk euro 2.
Harga diatas berdasarkan pembelian terahir/saat tulisan ini di buat.
Tulisan ini saya tulis berdasarkan apa yang saya lakukan saat men tune-up kendaraan isuzu panther,semoga dapat menambah pengetahuan para pembaca.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
thax, goon info om..
BalasHapus